TEOLOGI EKUMENIS SEBAGAI WUJUD KASIH KRISTUS DALAM KEHIDUPAN OIKUMENIS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ecumenical theology is a reflection of faith that affirms Christ's love as the foundation of church unity and ecumenicallife. Christ's love is understood as a unifying force that transcends differences in denomination, doctrine, or tradition, so that diversity is no longer seen as a barrier but as a richness of faith that enriches the body of Christ. Within this framework, ecumenism is not an attempt to erase the church's identity, but rather an effort to affirm the core of the Gospel, which is centered on God's unifying love. Through literature reviews, theologians emphasize the importance of dialogue and collaboration based on openness and honesty. Ecumenical dialogue does not simply bring together differing perspectives, but rather serves as a means of mutually enriching our understanding of faith and broadening our perspectives on God's work. Christ's love serves as a bridge that transcends historical and cultural barriers, enabling the church to see diversity as part of God's plan. Ecumenical life is understood as a call to present God's inclusive, transformative, and practical love. Inclusive love embraces differences, transformative love brings change toward justice and peace, and practical love is embodied in shared service. Thus, ecumenical theology does not stop at discourse, but becomes a concrete practice of Christ's love, proclaiming God's peace to the world.
Teologi ekumenis merupakan refleksi iman yang menegaskan kasih Kristus sebagai dasar persatuan gereja dan kehidupan oikumenis. Kasih Kristus dipahami sebagai kekuatan pemersatu yang melampaui perbedaan denominasi, doktrin, maupun tradisi, sehingga keberagaman tidak lagi dipandang sebagai penghalang, melainkan sebagai kekayaan iman yang memperkaya tubuh Kristus. Dalam kerangka ini, ekumenisme bukanlah upaya menghapus identitas gereja, melainkan usaha untuk menegaskan inti Injil yang berpusat pada kasih Allah yang menyatukan. Melalui kajian literatur, para teolog menekankan pentingnya dialog dan kerja sama yang dilandasi keterbukaan dan kejujuran. Dialog oikumenis tidak sekadar mempertemukan pandangan yang berbeda, melainkan menjadi sarana saling memperkaya pemahaman iman dan memperluas perspektif tentang karya Allah. Kasih Kristus menjadi jembatan yang mampu menembus sekat historis maupun kultural, sehingga gereja dapat melihat keberagaman sebagai bagian dari rencana Allah. Kehidupan oikumenis dipahami sebagai panggilan untuk menghadirkan kasih Allah yang inklusif, transformatif, dan praksis. Kasih yang inklusif menerima perbedaan, kasih yang transformatif membawa perubahan menuju keadilan dan perdamaian, dan kasih yang praksis diwujudkan dalam pelayanan bersama. Dengan demikian, teologi ekumenis tidak berhenti pada wacana, melainkan menjadi praksis nyata kasih Kristus yang menyatakan damai sejahtera Allah bagi dunia.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Arifianto, Yonatan Alex, and Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi. “Aktualisasi Pemimpin Gereja Menjaga Moral Dan Integritas Umat Dalam Menghadapi Tahun Politik.” Jurnal Salvation 4, no. 1 (August 21, 2023): 60–71. https://doi.org/10.56175/salvation.v4i1.104.
- Awijaya, Agetta Putri. “Eksklusivisme Dan Radikalisme Dalam Kitab Ezra.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 2 (December 30, 2019): 111–34. https://doi.org/10.46567/ijt.v7i2.134.
- Denny Firmanto, Antonius. “Signifikansi Ekumenisme Dalam Perspektif Teologis Katolik.” Seri Filsafat Teologi 33, no. 32 (December 19, 2023): 122–43. https://doi.org/10.35312/serifilsafat.v33i32.198.
- Harianto, GP. “TEOLOGI ‘PUASA’ DALAM PERSPEKTIF KESEHATAN, PSIKOLOGIS DAN SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MANUSIA HIDUP.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 5, no. 2 (December 23, 2021): 155–70. https://doi.org/10.51730/ed.v5i2.82.
- Henny, Lucyana. “KONSEP IBADAH YANG BENAR DALAM ALKITAB.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 4, no. 1 (June 30, 2020): 73–88. https://doi.org/10.51730/ed.v4i1.32.
- Hetharie, Yosa Marianta. “Saling Menghormati Di Dalam Kasih Kristus.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 4, no. 1 (May 11, 2023): 92–111. https://doi.org/10.46348/car.v4i1.115.
- Huang, Sewie Elia. “DOA PUASA DI ANTARA KEPEMIMPINAN PENGGEMBALAAN, ROH KUDUS, DAN PERTUMBUHAN GEREJA.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 4, no. 1 (June 29, 2020): 35–50. https://doi.org/10.51730/ed.v4i1.29.
- Islamy, Athoillah. “Moderasi Beragama Dalam Ideologi Pancasila.” POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan 3, no. 1 (June 28, 2022): 18–30. https://doi.org/10.53491/porosonim.v3i1.333.
- Jalaluddin Rakhmat. Psikologi Agama?: Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan Pustaka, 2013.
- Karnati, Neti, and Samsun. “Studi Literatur Sikap Dosen Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV).” Syntax Idea 6, no. 2 (March 4, 2024): 928–37. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i2.2887.
- “KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF YESUS - Dr. Wendy Sepmady Hutahaean, S.E., M.Th. - Google Buku.” Accessed March 30, 2024. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=myYrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Garis+waktu+dimulai+dengan+permulaan+pelayanan+Yesus+di+Israel&ots=uDCi9TfObL&sig=sbbODFSz9fSHxSvqwvsUunhGbIc&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
- Kristanto, Samuel Hans. “Oikumene Dalam Pemahaman Alkitab.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (September 14, 2024): 95–102. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i2.388.
- Kusumawanta, Dominikus Gusti Bagus, and Rosalia Ina Kii. “KOINONIA DAN MARTYRIA GEREJA DI DUNIA.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 3 (September 18, 2023): 483–90. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I3.19104.
- Mangantibe, Veydy Yanto, and Mario Chlief Taliwuna. “Toleransi Beragama Sebagai Pendekatan Misi Kristen Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 3, no. 1 (June 18, 2021): 33–47. https://doi.org/10.37364/jireh.v3i1.56.
- Moa, Antonius, and Thery Cholma. “BELAS KASIH SEBAGAI FONDASI PASTORAL GEREJA?: Suatu Uraian Teologis Moral Atas Permenungan Paus Fransiskus Dalam Bulla Misericordiae Vultus.” LOGOS 18, no. 2 (July 5, 2021): 100–120. https://doi.org/10.54367/logos.v18i2.1322.
- Montang, Pdt. Dr. Ricky Donald. DOKTRIN TENTANG ALLAH (TEOLOGI PROPER). Edited by Amran Hapsan. CV Ruang Tentor, 2023.
- Mukrimun, Amin. “DISKONTRUKSI DOGMA KRITOLOGI.” An-Nuur 13, no. 1 (April 20, 2023). https://doi.org/10.58403/annuur.v13i1.151.
- Nikolas Kristiyanto, S.J., S.S., S.S.L, Silvana Natalia Nainggolan, Yulius Suroso, SJ, ... [et al.]. Kuat Kuasa Firman ALLAH Di Seluruh Bumi. Sanata Dharma University Press, 2023.
- Parhusip, Akdel. “Interaksi Sosial Dalam Mewujudkan Kasih Persaudaraan Antaranggota Jemaat.” KURIOS 8, no. 2 (April 30, 2022). https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.286.
- Patandean, Yohanes Enci, and Eli Kristiawati. “Prinsip Pembangunan Iman Jemaat Berdasarkan Kisah Para Rasul.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 1, no. 1 (June 30, 2023): 73. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.703.
- Ruhulessin, Johny Christian. “Konflik Dan Rekonsiliasi Antarjemaat: Sebuah Analisis Teologis.” KURIOS 7, no. 2 (October 31, 2021): 329. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.362.
- “Transformasi Misi Kristen - David J. Bosch - Google Buku.” Accessed December 1, 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=34NEsv8_c-IC&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengalami+kasih-Nya,+dan+memiliki+pengharapan+akan+kehidupan+yang+kekal+bersama-Nya&ots=_fvSeBbyAm&sig=f0OsWXqrwGncPmtEqi-l_LtixRA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
- Zebua, Yaterorogo. “Ibadah Yang Sejati Menurut Roma 12:1.” Journal of Mandalika Social Science 2, no. 1 (June 19, 2024): 154–63. https://doi.org/10.59613/jomss.v2i1.107.